1 / 3

FORCLIME

(Forests and Climate Change Programme)
Financial Cooperation (FC Module)
2 / 3

FORCLIME

(Forests and Climate Change Programme)
Financial Cooperation (FC Module)
3 / 3

FORCLIME

(Forests and Climate Change Programme)
Financial Cooperation (FC Module)

Sudah 9 tahun program FORCLIME-FC Module berkiprah dalam upaya penurunan emisi gas rumah kaca di Indonesia, sembari meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mengelola hutan secara lestari. Pelaksanaannya hingga tahun 2018 telah mencapai target dengan baik dan memberikan dampak positif ke masyarakat. Berkaca dari hal tersebut, FORCLIME-FC telah mendokumentasikan praktek-praktek terbaik di masyarakat sebagai dampak intervensi program yang dikemas dalam bentuk Buku “Berbagi Pembelajaran dari Inisiasi Program FORCLIME FC”. Buku ini diharapkan dapat menjadi bahan rujukan dan pembelajaran bagi program lain yang sedang atau akan melakukan projek terkait pengelolaan hutan atau sumberdaya alam lainnya

Tidak hanya berhenti pada penyusunan buku saja, FORCLIME FC juga telah mengadakan kegiatan Bedah Buku yang dihadiri oleh segenap pejabat di lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta masyarakat lainnya. Bedah buku ini selain untuk memperkenalkan buku yang telah disusun, juga menjadi momen tepat untuk berdiskusi dengan peserta yang hadir mengenai program yang selama ini telah dilakukan. Kegiatan bedah buku dipandu oleh Prof. Dr. Ir. Bramasto Nugroho, MS yang merupakan guru besar kebijakan kehutanan IPB. Dalam diskusinya, FORCLIME-FC juga mengundang Ir. Helmi Basalamah, MM (Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM KLHK), Prof. Dr. Ir. Hariadi Kartodihardjo, MS (Pakar Kehutanan dan Akademisi IPB dan UI), Diah Suradiredja (Senior Advisor for Sustainability and Climate KEHATI), serta Brigitta Istworo (Jurnalis Senior Kompas Gramedia Group) sebagai pembahas.

Moderator dan pembahas dalam kegiatan bedah buku

Sebagai sebuah lesson learned, proses dokumentasi dilakukan oleh tim FORCI Devepment, Fakultas Kehutanan IPB untuk menangkap dan menyajikan cerita-cerita menarik dari investasi kegiatan program FORCLIME FC yang telah dilaksanakan di desa-desa kelompok sasaran di dalam Demonstration Activities (DA) maupun di zona penyangganya. Cerita menarik terkait peran investasi program terhadap upaya penurunan emisi karbon di Kabupaten Kapuas Hulu dan Kabupaten Berau diramu dengan apik sehingga pembaca dapat betul-betul memahami segala upaya yang selama ini telah dilakukan dalam mencapai target program. Melalui buku ini, FORCLIME FC  bukan hanya ingin memamerkan keberhasilan semata, tetapi juga ingin memaparkan hambatan dan tantangan ke depan sebagai sebuah pembelajaran utuh yang bisa diambil dari pelaksanaan investasi kegiatan yang telah berlangsung sejak tahun 2010 ini.

Dalam mendokumentasikan investasi kegiatan program FORCLIME FC, ditetapkan tema cerita yang dibagi ke dalam tiga bagian terpisah di buku ini, yaitu Pembangkitan Potensi Sumberdaya Masyarakat Desa, Kepastian Ruang Kelola Investasi Masyarakat Desa, dan Pengembangan Ekonomi Lokal Masyarakat Desa. Ketiga topik tersebut menitikberatkan pada cerita pembangunan ekonomi lokal yang menjadi jawaban atas kerentanan dalam mencapai sasaran penurunan emisi akibat dari kegiatan deforestasi dan degradasi hutan di dalam DA di Kabupaten Kapuas Hulu dan Kabupaten Berau. Dengan kata lain, upaya pelestarian hutan yang perlu dibarengi dengan pembangunan ekonomi lokal di masyarakat.

Buku ini juga menceritakan tentang bentuk investasi kegiatan di desa-desa kelompok sasaran yang menghadirkan aliran manfaat paling optimal bagi masyarakat desa. Manfaat ini berupa geliat ekonomi yang saat ini terjadi di desa sebagai dampak stimulan investasi kegiatan program FORCLIME FC, pengetahuan dan pengalaman yang berkembang di antara para pelaksana program, dan konteks dana bergulir yang menjamin kemandirian kelompok sasaran dalam melaksanakan investasi kegiatan setelah program FORCLIME FC berakhir. Dari cerita-cerita yang telah dihimpun dari pelaku yang terlibat dalam program ini, muncul pernyataan menarik bahwa apabila masyarakat sejahtera, hutan sudah pasti lestari.